Kebijakan Standar Asuransi Kebakaran Indonesia

Kebijakan Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)
Definisi: Merupakan kebijakan standar yang dikeluarkan oleh AAUI untuk asuransi kebakaran.

Keuntungan-keuntungan

Memberikan perlindungan untuk properti dan atau kepentingan yang diasuransikan yang secara langsung disebabkan oleh:

  • Api
  • Petir
  • Explosion (Ledakan)
  • Kecelakaan pesawat
  • Merokok

Selain manfaat utama yang tercantum dalam PSAKI, asuransi kebakaran dapat diperpanjang dengan jaminan untuk risiko lain yang tidak dijamin dalam PSAKI, termasuk:

  • Kerusuhan, Pemogokan, Kerusakan karena Tindakan Jahat, Kerusuhan
  • Banjir, Topan, Badai, dan Kerusakan Air
  • Tanah longsor
  • Pembongkaran
  • Interupsi Bisnis (untung hilang)

Yang harus dilakukan saat membeli produk
Pelajari dengan cermat proposal penawaran yang diajukan oleh agen / broker, terutama untuk risiko yang dijamin dan tidak aman, persyaratan yang harus dipenuhi, cara membayar premi, pertanggungjawaban tertanggung jika terjadi kehilangan atau kerusakan.
Memastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang akan menjamin risiko.
Mintalah kartu agen dari agen yang menawarkan jika melalui agen.
Isi Aplikasi untuk Permintaan Penutupan Asuransi dengan data lengkap dalam kebenaran dan ditandatangani oleh calon tertanggung sendiri.

Data yang diminta biasanya terkait dengan:

  • Jenis objek cakupan
  • Konstruksi bangunan
  • Cakupan objek okupansi
  • Jenis kegiatan yang diasuransikan
  • Risiko sekitar
  • Berarti di lokasi objek pertanggungan
  • Area jaminan yang diminta
  • Nilai pertanggungan
  • Periode pertanggungan
  • Kehilangan catatan / pengalaman klaim
  • Bantu surveyor dari perusahaan asuransi jika ditunjuk untuk mensurvei objek asuransi sebelum penutupan asuransi.

Dengan siapa produk tersebut dapat diperoleh

Produk-produk ini dapat diperoleh melalui:

  • Agen Asuransi Bersertifikat.
  • Broker Asuransi terutama untuk risiko lengkap
  • Hubungi perusahaan asuransi secara langsung yang menjamin risiko.

Apa yang harus diperhatikan dalam membeli produk

  • Surat penawaran dari perusahaan
  • Pastikan agen tersertifikasi
  • SPPA
  • Pastikan data dalam SPPA sesuai dengan kondisi aktual
  • Baca kontrak / kebijakan dengan hati-hati dan tanyakan agen / perusahaan jika ada keraguan tentang kondisi kebijakan.
  • Meminta perubahan (dukungan) jika ada kesalahan data dalam kebijakan yang diberikan.

Apa yang harus dilakukan saat itu tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan

Sesuai dengan ketentuan kebijakan dalam PSAKI yang dapat dilakukan adalah:

Mintalah klarifikasi dari perusahaan baik melalui agen atau langsung ke perusahaan untuk proses perdamaian atau konsultasi antara para pihak. Mengadu ke Badan Mediasi Asuransi Indonesia untuk nilai klaim yang bermasalah hingga Rp. 750.000.000
Jika masih belum ada titik pertemuan, Anda dapat memilih untuk menyelesaikan perselisihan melalui arbitrase atau menyelesaikan perselisihan melalui pengadilan.